Perbedaan Antara Protokol Keamanan WiFi WEP, WPA dan WPA2

          Posting By FatwaYaniFikri


Image result for perbedaan keamanan wireless wep,wpa,wpa2,







Perbedaan Antara Protokol Keamanan WiFi WEP, WPA dan WPA2



Kebanyak router WiFi hadir dengan standar enkripsi wireless standar, dimana standar ini ada tiga:
WEP (Wired Equivalent Privacy)
WPA atau WiFi Protected Access
WPA2.
WEP atau Wired Equivalent Privacy

Protokol keamanan WiFi yang pertama adalah WEP atau Wired Equivalent Privacy. Dimulai dengan enkripsi 64-bit (lemah) dan ada juga yang hingga enkripsi 256-bit (kuat). Namun implementasi yang paling popular pada router WiFi adalah enkrips 128-bit (sedang). Protokol ini sebelumnya merupakan solusi terbaik hingga peneliti menemukan banyak celah, salah satunya memungkinkan hacker dapat meng-crack-nya hanya dalam beberapa menit.

WPA atau WiFi Protected Acccess

WPA dikembangkan sebagai standar keamanan baru pengganti WEP. Protokol ini menggunakan TKIP atau Temporal Key Integrity Protocol untuk memastikan integritas pesan. Berbeda dengan WEP yang menggunakan CRC atau Cyclic Redudancy Check. TKIP dipercaya lebih kuat dibandingkan dengan CRC. Teknik ini digunakan untuk memastikan semua paket data dikirimkan dengan encryption key yang unik. Sayangnya WPA juga memiliki celah, dan digantikan dengan WPA2.

WPA2

WPA2 saat ini merupakan protokol WiFi yang paling aman. Perubahan utama yang paling penting dibandingkan dengan WPA adalah WPA2 menggunakan algotirma AES atau Advanced Encryption Standard dan juga memperkenalkan CCMP atau Counter Cipher Mode wird Blcok Chaining Message Authentication Code Protocol sebagai pengganti dari TKIP.

Hotspot

Sistem keamanan Wi-Fi masih jauh dari sempurna. Dari dua pilihan sistem keamanan yang tersedia (WEP atau WAP), manakah yang layak anda gunakan. Fleksibilitas dan kenyamanan koneksi merupakan dampak positif yang paling kita rasakan saat menggunakan jaringan Wi-Fi. Akan tetapi, koneksi Wi-FI juga menyimpan risiko keamanan tersendiri. Sifat yang secara nirkabel secara tidak langsung membuka celah PC anda bagi siapa saja yang ikut serta dan bila perlu menyadap lalu-lintas data yang ditransmisikan dalam jaringan Wi-Fi.
Hingga saat ini dua standar keamanan dalam jaringan Wi-Fi sudah disodorkan. Standar yang pertama adalam WEP (Wired Equivalent Protocol), disusul standar WPA (Wi-Fi Protected Access). WEP mengamankan lalu lintas informasi pada jaringan Wi-Fi dengan menggunakan sistem “kunci pengaman” yang disebut “WEP key”. Dengan WEP key ini semua lalu lintas data terlebih dahulu di-encode atau encrypt sebelum ditransmisikan ke udara sehingga mencegah akses terhadap pihak yang tidak berkepentingan.

 MAC Address Filtering.

Mac address pasti dimiliki oleh setiap Network adapter baik adapter via kabel maupun tanpa kabel. Ketika wireless klien terhubung dengan access point, maka mac address akan terdaftar secara otomatis pada Access point tersebut.

Pada access point inilah sang admin bisa memblok mac address yang bukan merupakan anggota pada jaringannya. Memblok Mac Address juga merupakan bagian dari pengoptimalan dari sistem keamanan jaringan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini