Membuat Trigger di MySql dengan PHPmyAdmin

Oke Salam Jarkom, sebelum ke materi, mari kita ucapkan Puja dan puji syukur kepada Tuhan YME, karena sekarang udah Tahun 2017, . Okey, langsung aja, kali ini saya akan menyapaikan materi dan tugas untuk Jarkom, yaitu " Membuat Trigger di MySql dengan PHPmyadmin". Sebelum saya ungkapkan caranya, mari Kita mengenal apa itu trigger.
Trigger bisa diartikan sebagai "action". Nah dalam MySQL disini, Trigger berguna untuk action yang akan dilakukan oleh engine MySQL saat sebelum (BEFORE)/setelah (AFTER) menginput (INSERT)/mengubah (UPDATE)/menghapus (DELETE) atau dengan kata lain tindakan pada saat sebelum atau sesudah melakukan query. Kalo Bingung, jangan dipikir, tapi dilakuin. Disini kita akan membuat Auto Generate PIN, dimana PIN ini akan meng-generate saat menambahkan user baru (INSERT).


  1. Pertama Mari kita buat dulu Database nya. Disini saya memakai database db_labkom(database klompok Ane).
  2.   Kedua mari kita buat tabel tb_user dengan rincian sebagai berikut:
  3. Jika sudah, masuk ke tab Trigger
  4. Lalu klik Add Trigger
  5. Pasti akan Muncul menu berikut dehhh. Lalu Isikan tabel tersebut, kalo susah mikir, ya ikutin yg digambar aja dehhhh. Jika sudah, klik GO. Maka Trigger yang tadi kita buat akan muncul pada kotak Triggers (diatas kotak Add Trigger).
  6. Lalu kita tes dengan meng-Insert 1 user. Untuk kolom `pin` tidak perlu diisi, karena otomatis meng-generate dari jam+menit sekarang. Jika sudah klik GO.
  7. Now See the Result. kolom PIN pasti ter-generate sendiri. Dan Jam menit akan ter-generate sendiri.
Sebenarnya, script yang ada pada trigger tadi mengambil dari waktu sekarang (HHMMSS) dalam bentuk Integer, tetapi karena kita hanya membatasi 4 karakter Varchar, maka yang masuk adalah 4 digit pertama, yaitu HHMM. Sudah paham mengenai Trigger? Awalnya saya juga bingung dengan Trigger, karena ada tugas yang memaksa saya harus belajar tentang Trigger, ya sekarang menjadi tahu apa itu Trigger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini